Thursday, September 22, 2016

PROPOSAL


           PROPOSAL

 Proposal adalah suatu usulan kegiatan atau rencana yang diterangkan dalam bentuk rancangan kerja secara terperinci dan sistematis yang akan dilaksanakan atau dikerjakan. Proposal dibuat untuk mendapatkan persetujuan atau dukungan pihak lain. Namun, adakalanya proposal juga dibuat untuk memohon bantuan dana.


Tujuan Proposal

Tujuan Proposal adalah memperoleh bantuan dana,memperoleh dukungan atau sponsor, dan memperoleh perizinan. Unsur-unsur proposal yaitu, nama/ judul kegiatan, pendahuluan,tujuan, waktu dan tempat, sasaran kegiatan, susunan panitia, anggaran, penutup, tanda tangan dan nama terang.

Jenis Jenis Proposal

Secara umum proposal dibedakan menjadi 4 jenis yaitu
  1. Proposal Bisnis - proposal ini berkaitan dengan dunia usaha baik itu perseorangan maupun kelompok dan contoh dari proposal ini misalnya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama antar perusahaan
  2. Proposal Proyek - pada umumnya proposal proyek ini mengacu pada dunia kerja yang berisikan serangkaian rencana bisnis atau komersil misalnya proposal proyek pembangunan
  3. Proposal Penelitian - Jenis proposal ini lebih sering digunakan di bidang akademisi misalnya penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis dan lainnya. isi dari proposal ini adalah pengajuan kegiatan penelitan
  4. Proposal Kegiatan - yaitu pengajuan rencana sebuah kegiatan bak itu bersifat individu maupun kelompok misalnya proposal kegiatan pentas seni budaya
    Berdasarkan bentuknya proposal terbagi menjadi 3 jenis yaitu
  5. Proposal bentuk formal - Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian pendahuluan, isi proposal, dan bagian pelengkap penutup. Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan. Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Sedangkan bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
  6. Proposal bentuk non formal - proposal non formal ini tidak selengkap proposal formal dan biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. proposal non formal harus selalu mengandung hal-hal berikut yaitu, masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.
  7. Proposal semi formal - jenis proposal ini hampir sama dengan proposal non formal karena tidak selengkap jenis proposal formal

Unsur-Unsur Proposal/ Langkah langkah membuat proposal
 

  • Nama/Judul Kegiatan 
  • Pendahuluan 
  • Tujuan 
  • Waktu dan Tempat 
  • Sasaran Kegiatan 
  • Susunan Panitia 
  • Anggaran 
  • Penutup 
  • Tanda tangan dan Nama terang

Keterangan

1. Pendahuluan (Latar Belakang Masalah)

Pendahuluan disini adalah berisi latar belakang masalah yang merupakan dasar diadakannya suatu kegiatan. Oleh karena itu maka latar belakang berisi tentang pokok permasalahan dari kegiatan dengan singkat dan jelas dan harus berdasarkan isi dan tujaun dari proposal tersebut. Latar belakang masalah juga harus menunjukkan sangat pentingnya permasalahan dari proposal tersebut untuk segera diselesaikan. Namun ada beberapa proposal yang tidak mencantumkan latar belakang masalah. Akan tetapi, dalam proposal tersebut dicantumkan dasar pemikiran.

2. Masalah atau Perumusan Masalah

Masalah disini merupakan ungkapan yang haruslah berkaitan dengan objek kegiatan. Dan masalah disini haruslah berdasarkan dengan apa yang telah digambarkan didalam bagian pendahuluan, dasar pemikiran, ataupun latar belakang dari proposal tersebut.

3. Tujuan Proposal

Tujuan berisi ungkapan maksud dari diadakannya kegiatan atau suatu acara
4. Sasaran
Sasaran di dalam proposal merupakan ungkapan yang ditujukan kepada siapa kegiatan atau acara tersebut akan dilaksanakan.

5. Teknik Pelaksanaan/ Waktu dan tempat Pelaksanaan

Teknik disini merupakan cara menyelesaikan permasalahan yang akan diajukan didalam proposal. Teknik pelaksanaan ini disampaikan tidak lain untuk meyakinkan penerima proposal bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara logis dan tepat.

6. Jadwal Pelaksanaan

Jadwal dibuat berdasarkan waktu, jenis dan orang yang menangani kegiatan. Jadwal dari pelaksanaan ini sendiri memberikan gambaran tentang kegiatan atau acara dari awal hingga akhir kegiatan.

7. Anggaran

Anggaran merupakan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diterangkan didalam proposal. Di bagian ini menyajikan anggaran yang diperlukan secara efisien, objektif, dan logis. Biasa disini dirinci berdasarkan jenis dari kegiatan atau acara dan memperhatikan harga yang sesuai.

8. Penutup

Penutup berisi kesimpulan, rangkuman, dan harapan terhadap apa yang disampaikan didalam proposal. Penutup juga berisi tempat, tanggal dari penyusunan proposal serta tanda tangan serta nama terang penaggung jawab proposal.



1 comment:

  1. What's the most basic idea about making money from gambling?
    You can bet on the worrione best possible หาเงินออนไลน์ outcome of a game. It's possible to make money betting a lot 1xbet korean of money online. If you have the option of betting

    ReplyDelete